Selasa, 25 Agustus 2009

Tips Menggunakan Facebook Secara Aman

Facebook sebagai situs jejaring sosial yang sedang ngetrend saat ini tentu sedang menjadi perhatian banyak pihak, ter masuk juga pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang ingin memanfaatkan momen ini untuk kepentingan mereka. Hacker, scammer, phising, dan tindakan yang merugikan lain akan dapat mengancam keamanan anda dalam berfacebook ria, termasuk juga kesalahan dalam penggunaan facebook, orang yang masuk penjara karena komentar di facebook pun sudah pernah terjadi. Untuk menghindari hal tsb, ada baiknya anda ikuti tips berikut ini :
1. Tidak perlu detail dalam mencantumkan data. Isi saja data yang menurut anda perlu, tidak usah terlalu detail. Semakin banyak data yang anda isi, maka semakin rawan keamanan facebook anda.
2. Upload foto yang menurut anda perlu. Di dunia internet, tidak ada yang benar-benar file pribadi, semua akan mudah tersebar dengan luas. Maka jika anda merasa foto tsb tidak pantas diketahui orang banyak, sebaiknya tidak usah di upload.
3. Batasi dalam menambah teman. Hal ini yang paling riskan, resiko ancaman kebanyakan datang dari celah ini. Maka berhati-hatilah dalam add friend, lebih baik jika anda tahu persis siapa yang akan anda add.
4. Lebih selektif dalam menerima tag photo. Kalau anda tidak suka di-tag di suatu foto, lakukan untag atau meminta foto yang di-upload tsb dihapus.
5. Kencangkan keamanan facebook anda. Aturlah privacy dan security-nya yang menurut anda aman bagi Anda.
6. Teliti dalam memilih Groups dan Pages. Masalahnya, hal tsb bukan buatan dari facebook, tentu keamanannya tidak bisa dijamin.
7. Pilih password yang tidak mudah diterobos, tetapi anda mudah mengingatnya.
8. Lebih berhati-hati dalam menerima invite install aplikasi. Kenapa? karena aplikasi ini adalah buatan pihak ketiga, yang notabene tidak bisa dipastikan keamanannya. Lebih anda menerima aplikasi hanya dari sumber terpercaya.
9. Jangan menyebarkan terlalu luas akses pada informasi pribadi Anda, batasi hanya untuk teman-teman Anda
10. Jangan sembarangan melakukan posting komentar. Karena itu semua sangat mungkin dilihat oleh umum.
11. Jika memungkinkan, gunakan tanggal lahir yang palsu. Hal ini dikarenakan adanya aplikasi-aplikasi yang tanpa sepengetahuan user akan menunjukkan data-data pribadi Anda ini pada umum.
12. Berhati-hatilah mengisi informasi tentang pekerjaan Anda. Hindari menuliskan informasi tentang atasan Anda, karena kemungkinan besar atasan Anda tidak akan suka namanya dicantumkan seperti itu.
13. Jangan sembarangan dalam menuliskan pernyataan dan pandangan yang bersifat pribadi. Karena itu bisa digunakan oleh pihak-pihak yang tidak menyukai Anda untuk melawan dan menyerang Anda.


Sumber: kapanlagi.com


Tidak ada komentar:

About Me

Foto saya
Membentuk SDM yang professional dan bertaqwa Kepada Tuhan YME, Membentuk etos kerja dan semangat mencerdaskan bangsa, Memajukan wilayah dengan budaya dan pariwisatanya.

Pengikut

Bantarkawung Info ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO