Kamis, 20 Agustus 2009

Keutamaan Ramadhan Agustus 2009

Ramadhan kali ini jatuh pada bulan agustus sabtu 21 agustus 2009, yakni itu hasil dari keputusan sidang isbet yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat islam, menteri agama, pejabat Depag serta perwakilan dari negara yang ikut hadir dalam acara tersebut. Kekompakan dalam menyambut bulan suci ini warga Indonesia khsusnya umat Islam sudah mulai bersepakat dimana bulan puasa dan hari raya besar harus sejalan dan tidak ada yang melakukan lebih awal atau sebaliknya.

Bulan Ramadhan tahun ini sebaiknya harus lebih ditingkatkan dari tahun kemarin, sebagai umat islam kita wajib menjalankan rukun islam tentunya dengan segala keikhlasan hati supaya berpuasa berjalan dengan baik. Adapun keutamaan yang harus dilakukan kita dalam menyambut bulan Ramadhan ini yaitu:
  • Berdoa kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita bisa bertemu lagi dengan bulan yang penuh berkah ini.
  • Bersyukurlah dengan memuji nama Allah atas karunia Ramadhan.
  • Bergembiralah dengan kedatangan bulan ramadhan.
  • Melakukan kegiatan-kegitana positif karena isi setiap detiknya di bulan ramadhan sangat bermafaat sekali dan banyak berkahnya, maka gunakanlah waktu sebaik-baiknya.
  • Berjanji dan bertekad mengisi waktu Ramadhan dengan kesungguhan artinya semua yang dilakukan harus dengan kejujuran, "Tetapi mereka benar terhadap Allah, niscaya itu lebih baik dari mereka"( Qs Muhammad "47":21)
  • Mempelajari semua hukum-hukum semua ibadah di bulan Ramadhan karena itu sebuah landasan ilmu bagi seorang muslim.
  • Menyambut Ramadhan dengan ikhlas dan tidak akan melakukan dosa lagi artinya pada waktu bulan Ramadhan diharuskan tobat karena bulan Ramadhan adalah bulan ampunan.
  • Menyambut Ramadhan dengan membuka lembaran baru/taubat nasuha.
  • Siapkan jiwa dan rukhiyah dengan bacaan yang mendukung proses takziyatun nafs.
  • Usahakan mengamalkan ilmu dan bertadarus setelah solat tarawih.
  • Menghindari segala yang membatalkan puasa dan berakibat dosa.
Lebih baik sambut bulan penuh berkah ini dengan kesucian dan perbanyaklah amalan-amalan sebagai kekuatan jiwa dan raga kita dalam menghadapi segala cobaan di dunia ini. Adanya silaturahmi dengan saudara semuslim itu sangat dianjurkan ataupun kepada siapa saja kita melakuakan hal itu demi kelancaran ibadah kita khususnya umat islam.


B. Info mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1430.

1 komentar:

Cyntia mengatakan...

Amin.. Alhamdulillah Tia bisa menjalankan Ramadhan itu dengan baik kak. Mohon maaf lahir batin dan semoga kakak juga dapat menjalankan ibadah puasanya dengan lancar.

About Me

Foto saya
Membentuk SDM yang professional dan bertaqwa Kepada Tuhan YME, Membentuk etos kerja dan semangat mencerdaskan bangsa, Memajukan wilayah dengan budaya dan pariwisatanya.

Pengikut

Bantarkawung Info ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO