Rabu, 02 September 2009

Gempa Tasikmalaya Sampai Bantarkawung

Gempa yang berkekuatan 7,3 SR menyebabkan bangunan rumah roboh dan retak-retak terutama di Tasikmalaya yang cukup meperihatinkan sekali, gempa tersebut sampai wilayah Jakarta dan Jogja tapi di kedua wilayah ini hanya mengalami guncangan kecil dan retak-retak saja. Di Tasikmalaya dan daerah sekitarnya korban yang meninggal hampir 40 orang karena tertimpa reruntuhan. Untungnya tidak ada tsunami saat terjadi gempa dan titik gempa tersebut berada di laut 104 km barat daya Tasikmalaya dengan kedalaman 30 km.

Jakarta dan Jogja bisa terkena, apalagi daerah Bantarkawung yang bertetangga dengan Kota Tasikmalaya karena Bantarkawung merupakan salah satu kecamatan Brebes yang hampir dekat dengan perbatasan Jawa Barat. Setelah ada informasi dari masyarakat Bantarkawung bahwa gempa memang sangat dirasakan sekali tapi tidak menimbulkan korban jiwa dan tidak mengakibatkan bangunan rumah roboh. Sewaktu Jogja dilanda gempa yang menewaskan hampir 6000 orang, daerah Bantarkawung pun mengalami guncangan hebat tapi tak sebesar di daerah Jogja.

Pada peta di atas ada titik merah yaitu dimana daerah Bantarkawung berada dan itu sangat dekat sekali dengan Tasikmalaya yang berada di profinsi Jawa Barat, memang daerah pantai selatan rawan sekali dengan gempa karena perubahan lempengan bumi yang berada di bawah laut. Dari tahun ke tahun pasti ada pergerakan atau pergeseran sehingga menimbulkan bumi bergetar. Seperti gempa di negara New Zealand yang berkekuatan 7,8 berpusat di lautan dekat Resulution Island mengubah bentuk pulau sampai 12 inci (30 centimeter) sehingga bergeser lebih dekat ke Australia.

Gempa bisa terjadi dimana saja karena perubahan alam atau pergeseran bumi gempa bisa menimbulkan kerusakan bagi bumi serta penghuninya seperti yang di alami Aceh, Jogja dan negara-negara berpotensi gempa seperti Jepang, Iraq, Italia Iran dan masih banyak lagi.



8 komentar:

Cyntia mengatakan...

mudahan2 kakak nga papa yah.. buat semua korban gempa tasikmalaya Tia ucapkan turut berduka cita


<Sharing Tips

Anpaki mengatakan...

wah tia makasih atas doanya, memang Indonesia suka berduka terus atas cobaan Tuhan.

ekosulistio mengatakan...

moga aman2 aja sob....

newbi mengatakan...

moga2 sdr2 kita diksh ketabahan

manusia biasa mengatakan...

wah......... manusia biasa terkejut ternyata banyak yang jadi korban gempa kali ini! mudah2an..... semua bisa cepat kembali normal.... lagi!!!

jiwamusik mengatakan...

semoga semuanya baik2 saja yaa.. dan semoga pemerintah or pihak swasta segera mulai nyadar utk membangun fasilitas2 penanggulangan dini bencana alam yg selama ini kayaknya terabaikan.

avail mengatakan...

Semoga setelah nya Allah memberikan kehidupan yang lebih baik bagi kita semua. Amin...

attayaya mengatakan...

semoga yang tertimpa musibah bisa menerima dengan lapang dada dan tetap terus berusaha.
bagi kita2 yang mampu agar mau membantu saudara2 yang tertimpa musibah

About Me

Foto saya
Membentuk SDM yang professional dan bertaqwa Kepada Tuhan YME, Membentuk etos kerja dan semangat mencerdaskan bangsa, Memajukan wilayah dengan budaya dan pariwisatanya.

Pengikut

Bantarkawung Info ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO